Senin, 17 November 2008

pengertian php

Pengertian PHP
PHP adalah bahasa pemrograman web atau scripting language yang didesain untuk membuat web-based application. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
PHP adalah kependekan dari "PHP (Personal HomePage) Hypertext Preprocessor" yang merupakan bahasa scripting yang dieksekusi di sisi server (server-side scripting language). Fungsinya adalah untuk membuat sebuah web yang interaktif dan dinamis, sama halnya dengan bahasa script lainnya, seperti Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan Allaire ColdFusion (CFM).
Untuk dapat menjalankan PHP dibutuhkan sebuah web server. Pemakai yang menggunakan Linux dapat menggunakan Apache (www.apache.org) sebagai web servernya sedangkan pemakai Microsoft Windows 98 disarankan menggunakan Personal Web Server. Web server Xitami (www.imatix.com) dapat digunakan apabila pemakai menggunakan Windows NT. PHP-nya sendiri dapat Anda download dari www.php.net. PHP yang didownload harus disesuai dengan sistem operasi komputer pemakai (Linux atau Windows).
PHP menjadi populer karena kesederhanaanya dan kemampuannya dalam menghasilkan berbagai aplikasi web. Mulai dari counter, sistem artikel atau content management system, e-commerce/e-store, bulletin board/forum diskusi, dan sebagainya dapat dibuat dengan PHP.
Pada awal Januari 2001, PHP telah dipakai lebih dari 5 juta domain diseluruh dunia dan akan terus bertambah karena kemudahan aplikasi PHP ini dibandingkan dengan bahasa Server side yang lain. PHP saat ini menjadi salah satu dari server-side programming yang paling banyak disukai karena kemudahaan penggunaan, tersedianya ratusan built-in function serta fleksibilitas modul-modul yang bisa dikembangkan. Angka sesungguhnya dapat dilihat di http://www.php.net/usage.php.
Saat ini PHP amat populer dan menggantikan Perl yang sebelumnya juga populer sebagai bahasa scripting web. Hasil dari NetCraft, menyatakan bahwa ada kurang lebih 52 juta pengguna PHP diseluruh dunia atau kalau di persentase sekitar 70,9%. Sebuah angka yang fantastis untuk sebuah bahasa pemrograman. PHP telah menjadi modul Apache terpopuler (menurut www.securityspace.com), melebihi FrontPage dan mod_perl. Dan menurut hasil survei www.netcraft.co.uk, PHP terus meningkat penggunaannya dan telah digunakan pada jutaan domain dan jutaan alamat IP.
PHP telah digunakan oleh berbagai situs populer baik luar negeri maupun situs dalam negeri. Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

Tidak ada komentar: